Cupang Aduan ( Betta Fighter )



Cupang aduan ( Betta Fighter ) sangat banyak di minati berbagai kalangan (termasuk saya ^_^v), karena selain mudah untuk di pelihara, biaya cupang juga terjangkau. Setiap pengemar cupang adu, pasti ingin ikan mereka menjadi yang terbaik, berikut tips untuk merawat cupang adu.

1. Ikan minimal berumur 8 - 9 bulan.
kenapa harus 8 - 9 bulan? ikan umuran 3 - 7 bulan memang lincah dan memiliki gigi yang tajam akan tetapi sisik ikan belum cukup keras untuk menghadapi gigitan musuh, apa artinya serangan kuat tapi pertahanan lemah?
2. Gantilah air toples minimal 2 x seminggu
kotoran yang di keluarkan ikan, apabila terlalu lama berada di dasar toples dapat menyebabkan penyakit dan membuat ikan tidak nyaman/stress. ( saran gunakan endapan air sumur, jangan gunakan air pam yang belum di endapkan )
3. Berikan pakan secukupnya (saran : cuk/ jentik - jentik , cacing darah)
Lebih baik mengunakan pakan hidup yaitu jentik - jentik / cacing darah. jangan pernah menggunakan pelet, karena kemungkinan merusak gigi ikan
4. Pastikan ikan anda tidak terkena cahaya matahari langsung.
cahaya matahari bagus buat ikan, cahaya matahari yang berlebihan, menyebabkan kerusakan pada kulit ikan. ( kita aja kalau jemuran gak pake lotion pasti gosong, apalagi ikan :p )
5. Latih ikan anda
layaknya petarung, ikan butuh latihan untuk memberikan hasil yang memuaskan. berikut berbagai cara melatih ikan : menjantur dengan ketinggian tertentu , memutar-mutar air hingga ikan melawan arus , mengejar betina ( jangan sampe kawin ya :D). 3 hari menjelang pertandingan ikan di istirahatkan di tempat yang kurang cahaya matahari, beri pakan 4 - 8 ekor jentik - jentik.
6. Suplemen
yang ini tidak kalah pentingnya. suplemen yang di berikan dapat berupa vitamin. ( jangan di beri susu :p)

catatan penting!
" untuk memiliki ikan yang bagus, maka pastikan terlebih dahulu indukan nya juga bagus, karena 50% ikan bagus berasal dari indukan yang bagus "


btw di atas langit, masi ada langit, jadi bagi yang memiliki pengalaman lebih, mungkin bisa memberikan komentar. :D